Kebanyakan dari kita tentu sudah mengenal Starbucks – dengan lokasi yang tersebar
di berbagai tempat di berbagai penjuru dunia, di mana kita dapat menikmati
makanan dan minuman yang tersedia dalam suasana yang nyaman dan santai. Kadang,
kita bertemu teman-teman maupun para rekan bisnis untuk hanya sekedar
berdiskusi maupun bersantai sambil mengobrol bersama.
Di Indonesia, terutama kota-kota besar metropolitan seperti
Jakarta, gerai Starbucks hampir dapat
ditemui di berbagai tempat keramaian dan pusat bisnis seperti mall, perkantoran dan tempat-tempat keramaian
lain pada umumnya (rest area di jalan
tol misalnya).
Salah satu minuman favorit saya di pagi hari adalah tall two pumps vanilla latte, hot yang
dinikmati dengan oatmeal raisin scone,
peanut butter ataupun smoked beef mushroom panini. Walau kalau
menikmati di siang ataupun sore hari, saya lebih suka menikmatinya dingin - tall two pumps vanilla latte, iced. Beberapa
favorit lain yang kadang saya pesan: tall
or grande signature iced chocolate, iced green tea dan iced passion fruit tea.
Ada suatu masa di pertengahan tahun 2006 sampai awal tahun 2008,
di mana hampir setiap weekend saya
menghabiskan sore hari dengan duduk berjam-jam di Starbucks Senayan City. Mengapa? Ini karena saat itu sedang
mengambil kuliah Strata-2, program MM Eksekutif di Binus Business School, yang kebetulan gedungnya bersebelahan dengan
Senayan City mall. Hari sabtu setelah
jam lima sore adalah waktu selesainya jadwal kuliah, dan biasanya sebagai
mahasiswa kita sudah dibekali dengan pekerjaan rumah yang cukup banyak untuk persiapan
kuliah di hari sabtu berikutnya. Banyak dari pekerjaan rumah ini adalah berupa
tugas membaca studi kasus (case study),
untuk dapat didiskusikan bersama di kelas berikutnya nanti. Studi kasus
tersebut biasanya berasal dari universitas-universitas ternama seperti Harvard Business School, MIT Sloan Business School, dan lainnya.
Hampir tidak ada studi kasus lokal, dengan pengarang orang Indonesia.
Segelas, kadang beberapa gelas Starbucks Coffee dan sebuah Thinkpad
(sebutan untuk notebook merk IBM,
yang sekarang sudah berganti nama menjadi Lenovo Thinkpad), dengan 3G modem untuk akses Internet, selalu setia
menemani saya di hari-hari tersebut. Cukup sering, saya dapat duduk sampai
berjam-jam mengerjakan tugas-tugas yang kebanyakan berupa Studi Kasus. Kadang
juga berdiskusi bersama teman-teman, jika memang itu tugas kelompok. Diskusi
bisa dilakukan sambil duduk-duduk minum kopi, ataupun secara virtual dengan memanfaatkan teknologi
(dengan miling list di salah satu
penyedia forum diskusi online,
yahoogroups atau googlegroups misalnya).
Masa kuliah sekitar 20-bulan, dengan diskusi studi kasus di
berbagai industri dan fokus seperti Manufacturing,
Sales, Marketing, Teknologi Informasi, Human
Resources, Operasional, dan lain-lain menjadikan saya berpikir untuk
membuat thesis (tugas akhir) yang
juga berupa studi kasus. Hal ini juga sangat didukung oleh tim manajemen kampus
saat itu, karena kebanyakan mahasiswa menghindari pembuatan studi kasus dan
memilih jalur yang normal saja: seperti studi pustaka ataupun riset.
Membuat thesis
berupa studi kasus menjadi tantangan tersendiri karena banyak waktu yang harus
diinvestasikan untuk melakukan wawancara dengan para pemeran kunci (misal:
manajemen puncak), sehingga dapat menganalisa berbagai macam tantangan bisnis
dalam melakukan sesuatu tujuan bisnis tertentu. Setelah melalui beberapa proses
pencarian, salah seorang dosen yang juga pemilik dari beberapa bisnis bersedia
untuk menjadikan salah satu fokus bisnisnya yang sudah berjalan, untuk dapat
dibuat menjadi studi kasus. Ia bersedia untuk melakukan wawancara dengan waktu
yang sangat fleksibel, yang biasanya dilakukan di hari sabtu atau minggu,
dengan pemilihan tempat bertemu, cukup sering di Starbucks Senayan City. Studi kasus tersebut – dengan fokus inovasi
bisnis perusahaan lokal, direncanakan akan menjadi salah satu materi bahan
perkuliahan berikutnya, sebagai tambahan dari materi-materi studi kasus yang
telah ada.
Di akhir masa perkuliahan, thesis saya yang berupa suatu studi kasus sudah menjadi cukup lengkap
dengan format standar thesis, studi kasus untuk dibagikan kepada para mahasiswa
sebagai bahan bacaan, serta dilengkapi dengan petunjuk untuk para dosen dalam
menyampaikannya di kelas, sehingga menurut salah seorang dosen sebaiknya dipertimbangkan
untuk dibuat menjadi buku saja. Ini membuat penambahan waktu weekend lebih banyak lagi di Starbucks Senayan City, menghabiskan sekitar
tiga bulan untuk menulis buku setelah thesis
selesai, untuk versi bahasa inggrisnya.
Buku tersebut terdiri dari 230 halaman, dengan ISBN: 978-1466251281,
yang berjudul “Case Study Method in
Leading Graduate Business Schools: A Practical Guide for Getting Your MM/MBA
Degree in Indonesia by completing a case study thesis”, walaupun tidak jadi
diterbitkan oleh penerbit lokal di Indonesia, sekarang sudah tersedia di Amazon.com:
http://www.amazon.com/Method-Leading-Graduate-Business-Schools/dp/146625128X.
Buku yang diterbitkan pada bulan Agustus tahun 2011 ini juga tersedia dalam
bahasa Indonesia, walaupun versi bahasa Indonesianya tidak jadi diterbitkan.
Saat ini, saya lebih sering mengunjungi Starbucks Citiwalk maupun Starbucks
di gedung BNI 46, Jakarta. Ini dikarenakan lokasi kantor yang memang berlokasi
di daerah Sudirman. Dan karena cukup banyak juga aktifitas kantor di sekitar
Plaza Indonesia dan Grand Indonesia, segelas kopi Starbucks menjadi teman setia
terutama di pagi hari.
Di beberapa gerai Starbucks
yang rutin saya kunjungi, para Barrista
sudah menyapa dengan nama, “Selamat pagi Pak Andi, yang biasa pak? – for here
tall two pumps vanilla latte, hot”, artinya untuk minuman sudah tidak perlu memesan lagi,
tinggal memilih mau tambah pesan makanan yang mana.
Saat kita membayar, rasanya senang kalau kertas print-out-nya lebih panjang dari biasanya, mengapa? Ini karena kita telah mendapatkan customer voice - suatu program dari Starbucks, di mana dengan login ke website Starbucks yang tertulis di kertas tersebut dan mengisi feedback, maka kita akan mendapatkan gratis satu minuman yang kita pilih. Saya sudah mendapatkan customer voice ini puluhan kali dalam 2 tahun belakangan ini, dan banyak juga yang saya bagikan kepada teman-teman. Dan dengan menggunakan BCA card yang berlaku sepanjang hari sepanjang tahun, minuman ini dapat dinikmati hanya dengan harga ukuran gelas short saja, artinya dari ukuran gelas short di-updgrade ke ukuran tall.
Bagi para pebisnis, memang tepat kalau dikatakan, Starbucks merupakan pilihan tempat
singgah ke-tiga, selain rumah dan kantor dalam melaksanakan aktifitas kita
sehari-hari.
No comments:
Post a Comment